4/1/10

Perkembangan Bayi bulan 19-20

melanjutkan dari perkembangan bayi bulan 17-18 ...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku banyak bereksplorasi.
  • Aku bisa berlari tanpa harus sering jatuh.
  • Aku bisa berdiri sendiri dengan kakiku atau dengan berpegangan pada sesuatu.
  • Aku mungkin bisa menendang bola besar.
  • Aku masih suka memanjat sesuatu.
  • Aku tidak tahu tentang keamanan, jadi aku bergantung padamu untuk menjadikan semuanya aman untuk aku eksplorasi.
  • Aku senang bersikap mandiri. Namun kadang2 aku ingin bertingkah seperti bayi.
Bagaimana aku bicara:
  • Aku sangat mahir mengatakan "tidak".
  • Aku bisa mengatakan sekitar 15 kata.
  • Aku suka menyebut nama sesuatu.
  • Aku menanyakan banyak pertanyaan, kebanyakan dengan berkata "mengapa?" atau "apa itu?" bersabarlah denganku. Aku hanya mencoba untuk belajar.
  • Aku bisa mengikuti petunjuk yang sederhana.
  • Aku senang ketika seseorang membaca untukku.
  • Aku senang mendengarkan dongeng anak2.
Apa yang aku pelajari:
  • Aku bisa menarik tisu toilet panjaaaaang sekali!
  • Aku bisa menata 2 potongan membentuk puzzle sederhana.
  • Aku bisa menggambar garis keatas dan kebawah lumayan baik.
  • Aku mulai mengetahui fungsi benda2, seperti palu untuk mengetuk.
Bagaimana sikapku ketika bersama dengan orang lain:
  • Aku sangat senang digendong.
  • Aku senang membantumu melakukan hal2 yang sederhana.
  • Aku senang melakukan sesuatu tanpa bantuan orang dewasa.
  • Bahkan ketika bersama anak2 lain, aku senang bermain sendiri.
  • Aku mungkin akan memperlakukan anak2 lain seperti benda, aku dapat menyakiti mereka.
  • Aku ingin menyimpan mainanku hanya untuk aku sendiri dan aku akan menyembunyikan mereka supaya orang lain tidak bisa bermain dengan mainan itu.
  • Aku butuh waktu untuk mengenali orang2. aku takut pada beberapa orang.
  • Saat ini mungkin aku bersikap kurang ramah kepada orang dewasa, namun hal ini akan berlalu.
Apa yang bisa aku lakukan sendiri:
  • Aku bisa makan sendiri dengan cukup baik.
  • Aku bisa menyikat gigiku sendiri. tapi aku mungkin belum mampu melakukan pekerjaan dengan baik untuk waktu yang lama.
  • Aku barangkali dapat pergi tidur tanpa masalah.
  • Aku dapat memberitahumu kapan aku membutuhkan baju kering.
  • Aku akan memberitahumu kapan aku akan buang air besar - kadang2 ya tapinya.
Permainan yang aku sukai:
  • Aku senang bermain sendiri, namun aku juga senang bila ada orang dewasa didekatku.
  • Aku senang berdandan dengan pakaian orang dewasa dan berpura2 aku adalah orang dewasa.
  • Aku senang buku bergambar dan aku sangat senang melihat potret diriku.
  • Aku senang melihat bayanganku di cermin.
  • Aku senang bila kau bernyanyi kepadaku.
  • Aku senang memisahkan bagian2 dari mainan.
  • Aku senang berjalan2 dengan mobil dan juga berjalan kaki.
  • Aku senang bila engkau mendorongku di ayunan.
source: Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak, Iskarisma Ratih S.Psi

2 comments:

Akhatam said...

Wah informasi menarik.. salam kenal ajah

Eko Prasetya said...

lucunya modelnya :)