3/1/10

Perkembangan Bayi bulan 11-12

Lanjutan dari perkembangan bayi bulan 10-11...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku dapat berdiri sendiri sebentar.
  • Aku dapat memegang mainan di satu tangan dan mendorong tubuhku berdiri dengan tangan yang lain.
  • Aku bahkan bisa melambai dan berputar sembari berdiri, tanpa terjatuh.
  • Aku dapat berjalan bila kau memegangi satu atau kedua tanganku.
  • Aku dapat memegang pensil atau krayon, dan aku suka membuat gambar.
Bagaimana aku bicara:
  • Aku tahu bahwa kata digunakan untuk menjelaskan suatu benda.
  • Aku bisa memakai satu kata untuk mengungkapkan seluruh pikiranku.
  • Aku sering mengoceh dan bergumam.
Bagaimana aku merespon:
  • Aku meniru semua yang aku lihat dan kemudian aku melakukannya dengan caraku sendiri.
  • Aku berusaha mendapatkan persetujuanmu, dan bersembunyi ketika aku tahu kau tak suka.
  • Aku barangkali akan mengujimu untuk melihat apakah aku bisa mengatasinya.
Bagaimana aku mengerti:
  • Aku melihat ekspresimu dan menirunya. Aku belajar darimu!
  • Aku mencoba untuk menggonggong atau mengeong ketika aku melihat anjing atau kucing. aku belajar bagaimana orang, binatang dan benda2 bekerja.
  • Aku suka melihat gambar di buku atau majalah.
  • Aku tahu bahwa peralatan akan membantuku. contohnya, aku mendorong kursi di depanku untuk mengokohkan diriku ketika aku berjalan.
Bagaimana aku merasakan:
  • Aku akan menempel padamu, terutama pada situasi baru.
  • Aku sangat suka menggoyangkan kepalaku dan berkata "Tidak" walaupun ketika maksudku yang sebenarnya adalah "Ya".
  • Aku akan menangis, menjerit dan mengamuk bila aku tidak mendapatkan yang aku inginkan.
  • Aku merasa bersalah ketika aku melakukan sesuatu yang salah.
Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
  • Gulingkan bola di lantai supaya aku bisa merangkak ke bola itu.
  • Biarkan aku membantumu! tinggalkan kain lap atau gelas plastik, supaya aku bisa membawakannya untukmu.
  • Bantu aku berlatih membalikkan halaman dari kain atau buku berkertas tebal. Lama-kelamaan aku akan bisa melakukannya sendiri.
  • Biarkan aku memegang kaleng dan kotak makanan di toko grosir.
  • Tunjukkan aku gambar dan beritahu aku apa itu.

1 comment:

Dimas P. Putra said...

wah umur segini ya,waktunya buat mulai banyak belajar...