3/9/10

Perkembangan Bayi bulan 13-14

Memasuki tahun kedua tumbuh kembang bayi, sesudah bulan ke-12...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku meninju, membanting, menjungkir balikkan, dan mengocok semua benda yang dapat aku raih.
  • Aku barangkali sudah dapat berdiri sendiri dan berjalan dengan cukup mantap.
  • Aku barangkali sudah dapat membungkuk dan tegak kembali.
  • Aku sangat tertarik pada benda2 yang mungil seperti remah2, serangga, dan kerikil.
  • Aku melewatkan banyak waktuku hanya dengan menatap benda2. Ini merupakan salah satu caraku belajar.
  • Aku tidak suka dilarang. Aku mau menyelidiki semuanya.
  • Aku mungkin sedikit takut akan gelap.
Bagaimana aku berbicara:
  • Sekarang aku sedang mempelajari kata2 yang sederhana.
  • Aku dapat memandang ke arah yang benar ketika kau menanyakan: "Ayah dimana ya?", "bolanya dimana sayang?" atau "kucingnya dimana sih?"
  • Aku dapat melambai ketika diminta.
  • Aku dapat memberitahumu ketika aku menginginkan sesuatu, misalnya segelas susu.
  • Aku berusaha sangat keras agar kau memahami diriku.
  • Aku senang mengulang kata2 yang kau ucapkan.
  • Aku mulai dapat mengingat nama dari beberapa orang, binatang, dan benda2 yang penting bagiku.
  • Kadang aku ingin kau memberitahuku nama dari benda2 yang tergambar di buku.
Apa yang aku pelajari:
  • Aku sedang belajar apa boleh dan tidak boleh aku lakukan.
  • Aku akan mengosongkan semua benda yang dapat aku raih, seperti laci baju, laci lemari dapur, dan tempat sampah.
  • Aku senang memasukkan benda ke tempatnya semula, tapi hanya kadang2 saja.
  • Aku senang menirukan perbuatanmu.
  • Aku belajar bagaimana memintamu atau orang lain untuk membantuku melakukan sesuatu.
  • Kadang aku berteriak hanya untuk menunjukkan bagaimana kuatnya aku.
  • Kadang2, tetapi tidak sering, aku akan berespon terhadap kalimat "Tidak Boleh" yang tegas.
  • Aku belum mengetahui hal2 apa yang dapat berbahaya bagiku.
Bagaimana sikapku ketika bersama dengan orang lain:
  • Aku senang ketika orang2 melihatku dan bertepuk tangan untukku. Aku mulai melakukan hal yang manis untuk mendapatkan perhatianmu.
  • Aku menunjukkan rasa sayangku padamu dengan pelukan dan ciuman, namun hanya kadang2.
  • Aku masih lebih senang bila Ayah dan Ibu tetap berada didekatku ketika aku sedang menjelajah.
  • Kadang2 aku menjatuhkan barang2 hanya agar kau mengambilkannya untukku.
  • Aku mulai dapat menyesuaikan diri dengan pengasuh bayi, namun aku masih malu bila bertemu orang asing.
  • Aku tidak suka terlalu senang bermain di dalam kamar sendirian.
  • Aku dapat saja mengamuk dan melempar barang2 ketika aku sedang marah.
Apa yang bisa kulakukan untuk diriku sendiri:
  • Jika ada yang membantuku, aku dapat memegang gelas dan minum dengan menggunakannya.
  • Aku senang mencopot topi, sepatu, kaus kaki, dan celanaku, tapi aku belum bisa memakainya kembali tanpa bantuan.
  • Aku dapat memegang sendok, namun aku mungkin belum dapat makan dengan menggunakan sendok dengan baik.
  • Aku senang makan menggunakan tanganku sendiri dan melumurkan makanan ke wajahku.
  • Aku dapat membuka dan menutup pintu.
Permainan yang aku sukai:
  • Aku senang memasukkan benda kecil ke benda yang besar.
  • Aku dapat bermain sendiri. Namun sebenarnya, aku lebih senang bila bermain denganmu, terutama bermain kejar-aku, petak umpet, dan permainan mencari benda yang halus dan kasar.
  • Aku senang mendengarkan musik dan menari ketika mendengarnya.
  • Aku mulai senang bermain mainan tiruan, seperti mengendarai mobil2an.
source: Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak, Iskarisma Ratih S.Psi

No comments: