3/2/10

Perkembangan Bayi bulan 12

Akhirnya mencapai satu tahun :)

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku sebenarnya bisa berjalan, tapi aku lebih memilih merangkak, karena itu lebih cepat.
  • Selagi berjalan, mungkin aku akan melakukan hal lain, seperti melambai kepadamu atau membawa selimut kesayanganku.
  • Aku berdiri dengan mengangkat tubuhku dari posisi jongkok.
  • Jika ada kesempatan, aku bisa memanjat dan menuruni tangga.
  • Aku bahkan bisa memanjat keluar dari boks bermain atau boks bayiku.
  • Aku bisa membuka tutup botol dengan tanganku.
  • Aku bisa memegang suatu benda dengan salah satu tanganku, sedang tanganku yang lain melakukan hal lain.
  • Aku menggunakan jari telunjukku untuk menunjuk sesuatu.
  • Aku belajar berpakaian sendiri, namun aku belum terlalu pandai melakukannya.
  • Aku bersikeras untuk makan sendiri, tanpa disuapi orang lain.
Bagaimana aku berbicara:
  • Aku mengulang beberapa kata yang aku tahu, karena itu latihan yang baik.
  • Aku mengocehkan ungkapan yang menyerupai kalimat pendek.
  • Aku menggunakan kata2ku sendiri untuk menggambarkan benda2 atau orang2.
Bagaimana aku berespon:
  • Aku mempercayai orang2 yang aku kenal baik.
  • Aku menirukan orang2, bahkan ketika mereka tidak ada disekitarku.
  • Aku masih merasa takut bila berada dekat orang asing atau di tempat asing.
  • Aku tahu dengan jelas mana yang kusuka dan mana yang tidak kusuka.
Bagaimana aku mengerti:
  • Sekarang aku bisa mengingat lebih banyak hal, karena daya ingatku semakin kuat.
  • Aku mencari mainanku dan aku ingat dimana aku terakhir melihatnya.
  • Aku dapat menyelesaikan masalah dengan mencoba-coba terlebih dahulu.
  • Aku dapat mengikuti instruksi sederhana dan memahami banyak hal yang kau katakan kepadaku.
  • Aku mempunyai orang kesayangan dan juga mainan kesayangan.
Bagaimana perasaanku:
  • Aku mulai memiliki rasa humor, dan menurutku beberapa hal itu lucu.
  • Aku masih tidak suka bila harus berpisah darimu. Aku merasa lega bila engkau kembali.
  • Aku merasa aman dan senang makan bersama keluarga.
  • Aku dapat merasakan dan menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kusayangi dan juga mainan kesayanganku.
Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
  • Menarilah denganku! Aku senang mendengarkan musik.
  • Berikan aku sekumpulan mainan untuk kumainkan.
  • Bacakan sesuatu untukku.
  • Berikan aku instruksi sederhana untuk aku lakukan. Aku senang melakukan sesuatu untukmu.
  • Berikanlah aku banyak2 pelukan dan kecupan.

2 comments:

Dimas P. Putra said...

wah perlu banyak pelukan ama kecupan ya umur segini...

Ossy Prasetya said...

xixixi