3/5/10

Pola Makan Sehat Seimbang

wow... artikel ini layak dan patut disebarluaskan. untuk kepentingan kita semuaa...

Manusia tidak lagi membutuhkan makanan dengan pola "4 sehat 5 sempurna" (ini udah ketinggalan 30 tahun!). sekarang yang dibutuhkan adalah pola sehat seimbang, yang terdiri dari karbohidrat-protein-lemak.

Semua bentuk gula, beras, terigu, dan tepung lainnya adalah karbohidrat buruk karena dalam waktu kurang dari 2 jam bahan makanan tersebut akan diubah menjadi gula murni tanpa sisa. ketika tingkat gula naik mendadak, insulin akan merespon dengan mengeluarkan hormon eikosanoid buruk (prostaglandin, tromboksan, leukotrien, dan sebagainya) sehingga daya tahan Anda makin rendah (mudah alergi, tulang keropos, menurunnya fokus, rasa nyeri bertambah, kekentalan darah meningkat, terjadi penyempitan pembuluh darah termasuk pembuluh darah jantung!) dan perbanyakan sel2 yang tidak normal.

KARBOHIDRAT TERBAIK adalah dari beragam sayuran yang dilalap dalam jumlah cukup banyak untuk menghasilkan energi, dan beragam buah. percuma makan sayur yang dimasak, hanya lezat sebagai lauk atau pembawa serat (agar lancar BAB) tapi tidak menghasilkan tenaga.

Padukan dengan PROTEIN atau ASAM AMINO yang bisa diperoleh dari lauk (pepes ikan, sup ayam, tim jamur, dll). Pilih juga asam lemak esensial yang tidak jenuh dari alam (alpukat, kemiri, atau minyak zaitun).

Tidak benar anggapan tanpa nasi atau roti orang akan lemas dan tidak bisa beraktivitas normal. Justru karbohidrat buruk dengan nilai indeks glikemik tinggi akan membuat Anda mengantuk 1-2 jam setelah makan disebabkan gula darah meroket yang segera ditumpas oleh insulin.

Unsur nurtrisi ketiga yaitu LEMAK, didapat dari biji2an seperti kemiri, kacang mete, pistachios, dan macadamia. Semua adalah sumber lemak yang bagus karena asam lemak esensialnya bersifat tidak jenuh.

Minyak goreng, mentega, apalagi margarin harus dijauhi karena margarin adalah minyak tumbuhan yang diproses hingga menyerupai mentega. Proses tersebut membuat minyak berubah, bahkan menjadi pemicu terbentuknya plak pada pembuluh darah sebagai penyebab penyakit jantung.

Satu2nya bentuk minyak yang bisa dipakai adalah extra virgin olive oil (minyak zaitun perasan pertama). Tapi bukan untuk menumis atau menggoreng karena suhu panas akan merusak semua minyak tumbuhan dan mencetuskan penebalan dinding pembuluh darah dan gangguan jantung. Gunakan extra virgin olive oil sebagai dressing (cocolan) salad atau sebagai sambal ikan bakar dengan tambahan bawang merah cincang, cabe rawit, dan perasan jeruk nipis.

Sebenarnya kebanyakan manusia sudah tahu tapi tidak peduli, dan lebih parahnya merasa berbeda (itu kan kata orang, saya tidak begitu). Jangan menunggu sampai tanda gangguan kesehatan muncul, karena berarti sudah terlambat. Anda sudah melakukan salah satu aspek pencegahan jika Anda menjalankan pola hidup sehat mulai dari sekarang!

(Dr Tan Shot Yen)

No comments: