3/18/10

Perkembangan Bayi bulan 17-18

Lanjutan dari perkembangan bayi bulan 15-16 ...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku suka mengangkat, menarik, menyeret benda2.. meraih apa saja yang bisa aku gapai.. aku suka berlari namun kadang2 jatuh atau menabrak sesuatu.
  • Aku mulai menggunakan satu tanganku lebih sering dari tanganku yang lain.
  • Aku bisa berjalan menaiki tangga bila kau memegangi satu tanganku, dan aku belajar menuruni tangga pelan2.
  • Aku ingin melakukan sesuatu dengan caraku sendiri hampir di setiap waktu.
  • Ketika benda2 tidak bekerja sesuai kemauanku, aku marah.
Bagaimana aku bicara:
  • Aku bisa berkata sekitar 10 kata, tapi kebanyakan aku menggunakan kata "tidak".
  • Aku sering mengoceh dengan diriku sendiri untuk waktu yang cukup lama.
  • Kemampuanku menirukan kata2 semakin baik.
  • Aku mengerti lebih banyak kata2 daripada yang bisa aku katakan.
  • Aku bisa memintamu apa yang aku inginkan, seperti kue, dengan menyebut namanya -- kadang2.
  • Aku mencoba untuk bernyanyi dan aku senang bila kau bernyanyi untukku.
  • Aku mulai mengerti arti dari kata "sekarang".
Permainan yang aku nikmati (Permainan bayi bulan 17-18):
  • Aku suka permainan mencocokkan benda dan menempelkan benda.
  • Aku kadang berlari tanpa ada sebab dan tujuan.
  • Aku suka mendorong mainan yang beroda, kotak mainan yang besar, dan benda lainnya di lantai.
  • Aku suka bermain gelembung.
  • Aku mungkin bisa merangkai manik2 besar yang berwarna-warni dan terbuat dari kayu.
  • Aku tidak bermain terlalu lama dengan satu benda.
Apa yang sedang aku pelajari:
  • Aku bisa memasukkan kotak bundar ke dalam lubang bundar.
  • Aku bisa membangun menara dari 2 atau 3 balok.
  • Aku bisa menggunakan tongkat untuk mengambil mainan.
  • Aku bisa menunjuk 1 atau 2 bagian tubuhku bila kau menyebutnya.
  • Aku bisa meniru garis sederhana yang kau buat di kertas.
  • Aku bisa mencocokkan bulatan dan kotakan di papan bentuk.
  • Dengan bantuanmu, aku dapat membalik halaman buku.
  • Aku mulai mengingat dimana letak benda2.
Bagaimana sikapku ketika bersama orang lain:
  • Aku sangat suka pamer dan mendapatkan perhatian.
  • Aku masih hanya tertarik dengan diriku sendiri.
  • Aku mungkin suka merebut dan serakah.
  • Kadang2 aku keras kepala dan suka memerintah, kadang aku sangat menyenangkan. dalam beberapa bulan, aku akan lebih tenang dan ramah.
  • Aku takut akan beberapa hal, seperti guntur, petir, dan binatang besar.
  • Kemarahanku akan meledak ketika aku lelah, marah atau frustasi.
Apa yang bisa aku lakukan sendiri:
  • Aku bisa membantu menaruh kembali mainan.
  • Aku bisa membuka keran.
  • Ketika aku sudah siap untuk tidur, aku mungkin akan membawakanmu bantal atau mainan favoritku.
Source: Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak Usia Emas karangan Iskarima Ratih, S.Psi.

No comments: