2/5/10

Perkembangan Bayi bulan 2-3

kelanjutan dari perkembangan bayi bulan pertama, sbb...

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku sudah bisa menegakkan kepalaku sebentar ketika aku tengkurap, tapi masih sedikit terhuyung2 ketika aku bersandar.
  • Aku melambaikan tanganku dan "mengayuh" kakiku ketika aku bersemangat.
  • Aku bisa memegang sebentar benda2 yang mama berikan. Apakah mama memperhatikan bahwa tanganku terbuka hampir setiap waktu sekarang ?
  • Aku tertarik pada benda2. Aku suka melihat sekeliling dan mendengarkan.
  • Aku akan terjaga selama 10 jam perhari, dan tidur selama 7 jam di malam hari. tapi jangan menghitungnya yaa.. tolong bersabarlah denganku ketika aku terbangun malam hari.

Bagaimana aku bicara:

  • Aku berdeguk dan tersenyum ketika aku senang.
  • Aku suka meniru bunyi2an, katakan lagi padaku !
  • Aku menangis untuk memberitahumu bahwa aku membutuhkan sesuatu.

Bagaimana aku bereaksi:

  • Aku terpesona dengan tanganku dan bisa menggerakkannya bersama-sama.
  • Aku suka mengikutimu dengan mataku ketika kamu berjalan keliling. Aku juga memperhatikan benda2.
  • Aku tersenyum pada orang-orang.
  • Mengisap tanganku atau dot dapat menenangkanku.
  • Aku melakukan sesuatu untuk mendapatkan perhatian mama. Aku sangat suka ketika mama bersemangat atas apa yang bisa aku lakukan.

Bagaimana perasaanku:

  • Aku merasa senang, sedih atau tidak nyaman pada saat2 tertentu.
  • Aku membutuhkan banyak gendongan dan pegangan.

Bagaimana aku mengerti:

  • Aku mengenali beberapa orang dari suaranya.
  • Aku mengenali beberapa benda, seperti giring2 atau botol.

Bagaimana kau dapat menolongku belajar:

  • Biarkan aku dekat dengan mama ketika mama bergerak disekitar rumah. bicaralah padaku tentang apa yang sedang mama kerjakan. aku senang mendengarkan !
  • Taruh aku di tempat duduk bayi dan sering2lah mengubah posisi dudukku supaya aku bisa melihat hal2 yang berbeda. Dukung kepalaku ketika mama membawa aku berkeliling.
  • Pada hari yang indah, rebahkan aku dalam keadaan terlentang dibawah pohon rindang supaya aku bisa melihat daun2 yang bertiup.
  • Tengkurapkan aku ketika aku terjaga. ini akan membantu mengembangkan otot2ku.
    Bawa aku jalan2 atau pergi ke toko. Aku suka melihat dan mendengar apa yang terjadi.
    Beri aku pijatan setelah mandi. Aku suka sentuhan mama. Aku suka merasakan kain lembut dan tekstur yang berbeda di kulitku.
  • Berikan aku mainan yang mudah dipegang dan mengeluarkan suara ketika aku menggerakkannya. kemudian aku bisa menghubungkan antara apa yang tanganku lakukan dan apa yang terjadi.

No comments: