2/6/10

Perkembangan Bayi bulan 3-4

Perkembangan bayi selalu menjadi penantian dan perhatian para ortu, berikut perkembangan bayi bulan 3-4...

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku bisa menahan kepalaku dan meluruskan punggungku bila kau menyokong tubuhku.
  • Ketika aku telungkup, aku bisa mengangkat kepalaku, bersandar di siku tanganku, melengkungkan punggungku dan mengayun-ayunkan tubuhku.
  • Ketika aku telentang, aku melambaikan tanganku dan menendang-nendang.
  • Ketika kau menggendongku, aku mendorong dengan kaki dan tanganku.
  • Dengan bantuan, aku bisa berganti posisi dari berbaring ke duduk.
  • Aku menyentuh wajahku dengan kedua tanganku.
  • Aku meraih sesuatu dengan kedua tanganku, tetapi kadang2 aku gagal.

Bagaimana aku bicara:

  • Aku membuat suara yang sederhana seperti ooh, ahhh dan eee.
  • Aku menjawab suara yang aku dengar dengan berdeguk, berdekut dan menjerit.
  • Aku tidak menangis sebanyak sebelumnya. Apakah mama memperhatikannya ?

Bagaimana aku merespon:

  • Aku menatap tempat jatuhnya sesuatu, tapi aku tidak melihat kemana mereka pergi ketika mereka jatuh.
  • Aku bersemangat ketika aku melihat orang2 dan benda yang aku kenal.
  • Aku berhenti mengisap untuk mendengarkan suara atau memperhatikan benda. Kemudian aku melihat dan mengisap kembali.
  • Aku suka mendengarkan. Bicaralah padaku dengan kalimat yang sederhana.

Bagaimana aku mengerti:

  • Aku mulai memiliki ingatan. Aku menyukai beberapa mainan lebih dari yang lain.

Bagaimana aku merasakan sesuatu:

  • Aku biasanya suka sekali digendong.
  • Aku tidak suka ditinggal sendirian. Biarkan aku duduk dimana aku bisa melihatmu!

Bagaimana kau bisa membantuku belajar:

  • Berikan aku mainan yang berdecit dan giring2 untuk diambil dan ditendang.
  • Bermainlah tepuk tangan denganku.
  • Lihatlah mataku ketika kau bicara padaku.
  • Biarkan aku melihat diriku di cermin. Atau berikan aku cermin yang aman lalu taruh di tempat tidurku atau meja ganti bajuku.

No comments: