2/23/10

Perkembangan Bayi bulan 7-8

Lanjutan dari perkembangan bayi bulan 6-7 yaa...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku dapat bergerak maju menggunakan perutku, aku bahkan mungkin dapat merangkak.
  • Aku dapat menaikkan punggungku dengan mengangkat pantat dan bertumpu pada kakiku.
  • Aku dapat menyeimbangkan tubuhku dan duduk sebentar tanpa bantuan siapa pun.
  • Aku bisa meluruskan kakiku ketika kau mengangkatku, dan aku berusaha agar dapat berdiri sendiri.
  • Aku mengeksplorasi tubuhku dengan mulut dan tanganku.
  • Aku dapat menahan agar tidak kencing selama 2 jam.
  • Gigiku mungkin sudah mulai tumbuh.
  • Aku sudah dapat menyuapi diriku sendiri, namun mungkin masih berantakan.
  • Aku senang bermain dengan sendok dan gelas, namun aku mungkin belum bisa menggunakannya dengan benar.
Bagaimana aku berbicara:
  • Aku menirukan suara yang aku dengar. dengan cara itulah aku belajar.
  • Aku sudah bisa menyuarakan beberapa bunyi dalam satu tarikan nafas, seperti ma - mi - da - di - ba.
Bagaimana aku merespon:
  • Aku ingin dilibatkan dalam semua kegiatan keluarga.
  • Aku senang melihat dan menyentuh bayanganku di cermin.
  • Aku senang melihat gambar bayi-bayi.
  • Aku senang meraih, mengocok, dan membenturkan benda2 dan memasukkan dalam mulutku.
Bagaimana aku mengerti:
  • Kemampuanku untuk berkonsentrasi semakin baik sekarang, dan aku sering menghabiskan waktuku untuk mempelajari suatu hal.
  • Aku dapat mengetahui apakah seseorang sedang marah atau senang melalui ekspresi wajah dan cara mereka berbicara.
Bagaimana perasaanku:
  • Aku takut dengan orang asing, jadi tetaplah bersamaku ketika ada orang asing didekatku.
  • Aku tahu apa yang ingin dan tidak ingin kulakukan.
  • Aku sangat senang bermain dan mengganggu orang2.
Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
  • Berikan aku mainan yang dapat menimbulkan bunyi, seperti bel, kontak musik atau giring2.
  • Biarkan aku mencoba menyuapi diriku sendiri, walaupun mungkin aku akan menimbulkan kekacauan.
  • Suarakan bunyi yang berbeda-beda untuk aku tirukan.
source: Buku pintar perawatan bayi dan anak usia emas, Iskarisma Ratih S.Psi

No comments: