2/12/10

Perkembangan Bayi bulan 6-7

Lanjutan perkembangan bayi bulan 5-6...

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku dapat berbalik dan berputar ke segala arah.
  • Aku terkadang dapat duduk selama beberapa menit.
  • Aku dapat merangkak maju dan mundur diatas lantai menggunakan perutku.
  • Aku dapat memegang benda dengan satu tangan dan memindahkannya ke tanganku yang lain.
  • Aku dapat memegang satu balok, kemudian meraih balok kedua, dan lalu mencari yang ketiga.
  • Aku dapat menangkap benda yang jatuh.

Bagaimana aku berbicara:

  • Aku masih sering berceloteh, namun aku sudah lebih bisa mengontrol suara yang keluar dari bibirku.
  • Aku mulai bisa mengerti beberapa kata berdasarkan intonasi suaramu ketika mengucapkannya.

Bagaimana aku berespon:

  • Aku senang mengambil benda, mengocoknya, dan mendengarkan suara yang ditimbulkan ketika aku menjatuhkannya.
  • Aku mau bermain dengan orang yang aku kenal.
  • Aku merasa terganggu bila dikelilingi oleh manusia dewasa yang asing, namun aku senang bertemu anak-anak walaupun aku tidak mengenalnya.
  • Aku mendengkur, bersenandung, atau bahkan kadang berhenti menangis ketika aku mendengar musik.
  • Aku selalu sibuk sepanjang waktu melakukan berbagai hal.

Bagaimana aku mengerti:

  • Aku tahu bahwa aku harus menggunakan tanganku bila ingin mengambil sesuatu.
  • Aku menatap dan mempelajari sesuatu selama kurun waktu yang cukup panjang.
  • Aku membolak-balikkan barang untuk mendapatkan sudut pandang lain tentang barang tersebut.
  • Aku menoleh ketika namaku disebut.
  • Aku mungkin saja mempunyai mainan atau selimut kesayangan.

Bagaimana perasaanku:

  • Aku belum belajar mengontrol perasaanku sendiri.
  • Aku kesal dan meraung-raung bila tidak mendapatkan apa yang aku inginkan.
  • Aku terkekeh-kekeh, mendengkur, atau memekik senang bila hatiku sedang gembira.
  • Aku mulai memilih makanan mana yang kusuka dan mana yang tidak.

Bagaimana kau dapat membantuku belajar:

  • Mengajakku bertemu bayi-bayi yang lain.
  • Meniupkanku gelembung sabun di hari yang cerah.
  • Memberikanku benda2 yang dapat kumainkan dan mengeluarkan suara. aku menyukai remasan kantong kertas atau balok-balok yang dapat kupukul-pukul.
  • Apungkan mainan di dalam bak mandiku sehingga aku bisa bermain dengannya. Aku juga senang benda yang dapat kugunakan untuk bermain air.
  • Bacakan dongeng dan nyanyikan nina-bobo untukku.

No comments: