2/10/10

Perkembangan Bayi bulan 5-6

Memasuki perkembangan bayi bulan 5-6...

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku dapat bergoyang, berputar dan menari.
  • Aku dapat menendang dan mengisap jemariku.
  • Aku dapat berdiri bila engkau memegangi bawah lenganku.
  • Aku dapat melompat naik dan turun, dan juga menjejakkan kakiku.
  • Aku pasti mempunyai niat tertentu bila aku meraih sesuatu.
  • Aku bahkan bisa berguling.

Bagaimana aku berbicara:

  • Aku memperhatikan bibirmu dan menirukanmu ketika engkau berbicara.
  • Aku dapat menghasilkan suara seperti eee, aah, oh, dada, bye bye, dan mama.
  • Aku berceloteh kepada diriku sendiri, kepada mainanku, dan kepada orang lain, agar orang2 memperhatikanku.

Bagaimana aku merespon:

  • Aku dapat saja menangis ketika melihat orang asing.
  • Aku tersenyum ketika melihat wajah dan mendengar suara yang kukenal.
  • Aku mencari-cari sumber suara yang kudengar.
  • Aku membuat suara dan mengganggu percakapanmu karena aku ingin diperhatikan.
  • Aku ingin menyentuh, menggenggam, membolak-balik, mengocok, dan merasakan semua benda.
  • Aku selalu bersemangat melakukan hal yang ingin kulakukan.

Bagaimana aku mengerti:

  • Aku mengetahui namaku.
  • Aku dapat membedakan diriku dengan orang lain ketika bercermin.
  • Aku dapat mengingat hal yang baru saja kulakukan.

Bagaimana perasaanku:

  • Aku senang bersandar padamu ketika engkau menggendongku.
  • Aku akan berhenti menangis bila engkau mengajakku bicara.
  • Aku sudah dapat merasakan rasa takut, marah, dan jijik.

Bagaimana kau dapat membantuku belajar:

  • Berbicaralah padaku dalam kalimat lengkap tentang apa yang sedang kau lakukan saat ini.
  • Tataplah wajahku ketika engkau sedang bicara, sehingga aku dapat mengamati bibirmu dan kemudian mencoba menirukannya.
  • Bermain cilukba denganku.
  • Memperdengarkanku alunan musik untuk beberapa saat. aku akan sangat menikmati saat2 tenang tersebut.

No comments: