2/25/10

Perkembangan Bayi bulan 10-11

Lanjutan perkembangan bayi bulan 9-10...

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku bisa merangkak naik ke atas tangga, namun aku belum tahu cara untuk turun.
  • Aku bisa berjalan bila kau memegangi tanganku.
  • Aku akan mulai berjalan merayap sambil berpegangan pada perabot untuk berkeliling ruangan.
  • Aku sudah bisa duduk dari posisi berdiri.
  • Aku bisa memanjat naik keatas kursi dan kemudian turun lagi.
  • Aku mulai memperlihatkan apakah aku kidal atau tidak.
  • Aku bisa makan sendiri dengan jemariku, dan membantu memegangkan gelasku.
  • Aku mungkin memiliki masalah di malam hari karena aku gelisah.
Bagaimana aku bicara:
  • Aku mengerti kalimat-kalimat yang sederhana.
  • Aku bisa bilang "tidak" dan menggelengkan kepalaku.
  • Aku tertarik pada percakapan ketika aku mendengar kata2 yang biasa aku dengar.
  • Aku akan membuat kamu gila karena aku suka mengatakan kata2 yang sama seharian penuh, atau aku tidak berkata sepatah katapun.
Bagaimana aku bereaksi:
  • Aku bereaksi pada kesetujuan dan ketidak-setujuanmu.
  • Aku menangis bila ada anak lain yang mendapatkan perhatian lebih daripada aku.
  • Aku masih tidak suka berpisah darimu.
  • Aku suka meniru orang2, isyarat, dan suara.
Bagaimana aku mengerti:
  • Aku tahu yang mana mainanku dan aku memiliki mainan kesayangan.
  • Aku akan mencari sesuatu ketika aku melihat kau menyembunyikannya.
  • Aku mulai memikirkan diriku sendiri sebagai manusia.
Bagaimana perasaanku:
  • Aku sudah bisa merasakan banyak hal sekarang, seperti sedih, senang, marah, takut, dan terluka.
  • Mood-ku bisa dengan cepat berubah dan aku juga mudah marah.
  • Aku masih malu bila berada disekitar orang2 yang tidak aku kenal.
  • Aku sangat sensitif pada mood anak2 lain.
Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
  • Tunjukkan padaku hal2 yang kau ingin agar aku tahu. contohnya, tepuk tanganmu supaya aku bisa belajar menirumu.
  • Bacalah buku bersamaku.
  • Bermainlah petak umpet denganku! apabila kau bersembunyi di balik kursi, aku bisa datang dan menemukanmu.
  • Taruhlah gambar2 dan cermin agak di bawah, jadi aku bisa melihatnya.

2 comments:

Dimas P. Putra said...

waduh lengkapa banget dah perkembangannya nih, dah nyampe 11 bulan... thx informasinya..
kira2 sampai umur berapa ni infonya hehe.. ditunggu perkembangannya...

Ossy Prasetya said...

tunggu yaa :D