2/24/10

Perkembangan Bayi bulan 9-10

Melanjutkan perkembangan bayi bulan 7-8...

Bagaimana aku tumbuh:
  • Aku bisa merangkak dan berkeliling sembari memegang sesuatu di salah satu tanganku.
  • Aku juga bisa merangkak ke atas tangga. Namun aku belum bisa merangkak turun.
  • Aku bisa duduk sendiri sebentar bila engkau memegangi tanganku.
  • Aku mengulurkan tanganku masuk ke dalam lubang dan tempat2 lainnya yang menyenangkan.
  • Aku mengambil benda2 kecil dengan jari dan jempolku, dan benda2 besar dengan kedua tanganku.
  • Aku mendorong tubuhku berdiri dengan berpegangan pada perabot, tapi aku mungkin kesulitan untuk turun kembali.
Bagaimana aku bicara:
  • Aku mengerti beberapa kata, namaku, dan kalimat2 sederhana.
  • Aku mengulang satu atau lebih suara berulang-ulang.
  • Aku mendengarkan orang2 berbicara dan mencoba meniru suaranya.
  • Aku mulai mengucapkan kata yang terdiri dari dua suku kata, seperti choo-choo, da-da, ma-ma.
Bagaimana aku merespon:
  • Aku suka memperhatikan orang2 menulis di kertas.
  • Aku suka beraksi di depan orang2, aku suka sekali ketika mereka bertepuk tangan!
  • Kadang2 aku menginginkan pujian atas prestasiku.
Bagaimana aku mengerti:
  • Aku mencoba untuk membayangkan sesuatu sendiri.
  • Aku tahu bahwa bila aku melihat benda2 dengan posisi terbalik atau dengan menutup salah satu mataku, maka benda2 itu akan terlihat berbeda.
  • Aku marah bila mainanku diambil.
  • Aku mengingat permainan, orang, atau mainan yang kumainkan atau kutemui kemarin.
  • Aku bisa tahu suasana hati orang hanya dengan melihat mereka.
Bagaimana perasaanku:
  • Aku sangat sensitif. bila aku melihat bayi lain menangis, aku juga akan menangis.
  • Aku mungkin akan takut pada banyak hal yang tidak menggangguku sebelumnya, seperti mandi. aku takut ketinggian.
  • Aku sangat tekun dan kadang2 keras kepala. semua itu bagian dari pertumbuhanku.
Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
  • Bicaralah padaku. Dengarkan aku. dan lakukan itu secara bergiliran denganku.
  • Puji aku ketika aku melakukan hal2 yang baru. aku butuh dukunganmu.
  • Beri aku makanan yang mungil, sehingga aku bisa berlatih mengambil benda2 yang kecil.
source: Buku pintar perawatan bayi dan anak usia emas, Iskarisma Ratih S.Psi

No comments: