2/6/10

Perkembangan Bayi bulan 4-5

kelanjutan dari perkembangan bayi bulan 3-4 ;)

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku dapat menggerakkan kepalaku ke segala arah.
  • Ketika aku berbaring terlentang, aku dapat mengangkat kepalaku dan tanganku dapat meraih kakiku.
  • Jika ada yang menopang badanku, aku dapat duduk dengan kepala tegak dan punggung lurus, bahkan selama 15 menit.
  • Bagiku, duduk lebih menyenangkan daripada berbaring.
  • Aku dapat berguling dari posisi terlentang ke posisi menyamping, namun kadang tanganku terjepit dibawah perutku.
  • Aku senang memasukkan benda2 ke dalam mulutku.
  • Aku senang mengecipakkan air dengan kaki dan tanganku ketika sedang mandi.

Bagaimana aku berbicara:

  • Aku dapat mengoceh, menirukan suara, batuk, dan mendecakkan lidahku dalam kurun waktu yang lama.
  • Aku berdesis, menyeringai, atau memekik senang ketika engkau berbicara kepadaku.

Bagaimana aku mengerti:

  • Aku suka melihat bayanganku di cermin.
  • Aku terpesona dengan kedua tanganku.
  • Aku menyukai beberapa orang, namun aku juga merasa malu atau takut dengan yang lain.
  • Aku dapat mengingat suatu hal selama 5 detik.
  • Aku dapat mengingat orang2 yang kurasa penting, seperti kedua orang tuaku, sejak malam hingga pagi hari, atau mungkin untuk jangka waktu yang lebih lama.
  • Aku dapat mengetahui apakah sesuatu itu berada jauh atau dekat dengan diriku.

Bagaimana perasaanku:

  • Aku bersemangat ketika aku bersenang-senang. Semuanya seperti permainan bagiku.
  • Aku sedih dan mengamuk bila mama tidak memperhatikanku atau mengambil mainanku.

Bagaimana kau dapat membantuku belajar:

  • Telungkupkanlah aku, lalu pegang mainanku dan gerakkan agar aku harus tetap bergerak supaya dapat melihatnya. Hal ini membantuku belajar berguling.
  • Tiupkan gelembung sabun untukku dan aku akan mengikuti gerakannya dengan kedua mataku.
  • Bacakan dongeng untukku. Aku senang mendengar suara mama.
  • Mainkan jariku sehingga aku dapat mengenalnya.

No comments: